Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Tugas softskill 4 mata kuliah Etika Profesi

  • Senin, 25 Juni 2012
  • maul selalu dihati
  • Tugas softskill 4 mata kuliah Etika Profesi
    Nama               : Ahmad Maulana M
    NPM               : 34409574
    Kelas               : 3 ID04
    Dosen              : Bpk. Sudaryanto, IR., MSC.

    1.      Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah memiliki kompetensi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut, sebutkan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh sarjana Teknik Industri !
    Jawab:
    Kompetisi yang harus dimiliki oleh sarjana teknik industri adalah sebagai berikut:
    ·         Memiliki empati yang sesuai dengan kebutuhannya (kecerdasan emosi) dalam hal kepemimpinan, motivasi berprestasi, kepercayaan diri, inisiatif, kerja tim, pengambilan keputusan yang handal dan etika dalam bertingkah laku menjalankan prinsip-prinsip.
    ·           Memiliki keterampilan pada bidangnya seperti mensimulasikan suatu sistem, permodelan sistem, QC, lay uot, dan software lainnya serta keterampilan menulis laporan sesuai keahliannya, kemampuan komunikasi multi level.
    Sumber:
    http://manajemen.fe.unpad.ac.id/tentangkami.php?page=61

    2.       Dilemma moral merupakan hal yang sering ditemui dalam menjalankan profesi keteknikan. Jelaskan cara penyelesaian dilemma moral menurut faham utilitarianisme! Berikan contoh kasus !
    Jawab:
    Dilema moral adalah suatu keadaan apabila seseorang individu atau sekumpulan masyarakat menghadapi satu situasi berkonflik di mana terdapat beberapa pilihan dalam membuat sesuatu keputusan moral. Utilitarianisme diambil dari bahasa inggris yaitu utilitarian yang berarti bermanfaat. Utilitarianisme merupakan suatu ajaran yang menyatakan bahwa segala perbuatan itu adalah baik apabila perbuatan tersebut berdaya guna untuk seseorang. Jika kita satukan antara dilemma moral dengan utilitarianisme bisa kita artikan apabila terjadi suatu permasalan dalam menentukan keputusan, utilitarianisme menjadi suatu cara dalam menentukan pilihan. Walaupun diselingi oleh suatu keraguan dan kecaman dari pihak lain.
    Contohnya:
    Ali, seorang remaja yang berumur 16 tahun dan menuntut dalam Tingkatan Empat. Seperti remaja lain, Ali suka bergaya dengan memakai pakaian yang mengikut trand terkini. Malangnya, Ali seorang yang berbadan gemuk dan sukar untuknya mencari pakaian yang sesuai. Ali benci melihat rupa badannya sendiri. Dia sering mengurung diri dalam biliknya. Satu-satunya sahabat karib Ali ialah komputer dan internet. Sebaik sahaja baik dari sekolah, Ali terus melayari laman-laman yang diminatinya. Kadang kala sehingga larut malam, Ali masih di hadapan muka komputer. Akibatnya, Ali sering mengantuk semasa guru mengajar. Dia juga tidak ada masa untuk membuat kerja rumah. Pelajarannya terjejas dan Ali cepat marah apabila ditegur oleh guru.
    Sumber:
    pendidikanmoral.um.edu.my/.../real%20life%...

    3.    Jelaskan minimal 5 kasus yang terkait dengan pelanggaran etika profesi dalam bidang keteknikan termasuk jenis pelanggaran etika yang terjadi!
    Jawab:
    a.    Kasus bencana chernobyl yang merupakan kecelakaan reaktor nuklir chernobyl.
    b.   Kasus mobil Ford pinto yang menjual mobil dengan harga yang murah tanpa memandang keselamatan konsumennya.
    c.    Kasus Ford Explorer dan ban Firestone yang banyak menelan korban jiwa, dikarenakan konstruksi ban salah akibat desain suspensi yang buruk dan apabila mobil berjalan dengan kecepatan tinggi, mobil tersebut akan terguling.
    d.    Kasus bencana di Bhopal yang mengakibatkan ledakan dikarenakan kebocoran reaktor bahan kimia.
    e.   Kasus meledaknya pesawat Challenger milik NASA padaJanuari 1986 yang diakibatkan terjadinya erosi pada o-ring dikarenakan temperatur yang tidak sesuai.
    Sumber:
    id.wikipedia.org/wiki/Bencana_Chernobyl
    f-blue.blogspot.com/

    4.      Jelaskan yang dimaksud dengan “toxic colonialism” dan hubungannya dengan etika lingkungan. Berikan contoh kasus!
    Jawab:
    Oxic colonialism merupakan kumpulan limbah beracun berupa barang bekasyang dibuang ke alam dan mengandung zat berbahaya seperti minyak, dioxindan PCB (polychlorinated biphenyls).
    Contohnya:

    5.       Jelaskan tentang keterkaitan antara Risiko dan kemajuan teknologi! Berikan contoh nyata! Bagaimana cara mengurangi risiko yang mungkin terjadi?
    Jawab:
    Keterkaitan antara Risiko dan kemajuan teknologi itu berbanding lurus, semakin maju teknologi yang digunakan semakin tinggi pula risiko akan dampak dari adanya kemajuan teknologi tersebut. Akan tetapi berkembangnya teknologi bisa menyebabkan sikap individualisme atau sikap mementingkan diri sendiri. Hal ini disebabkan karena semua hal dapat ditangani oleh teknologi. Sehingga menumbuhkan rasa atau sikap tidak memerlukan orang lain. Berkembangnya teknologi juga bisa menyebabkan sikap mementingkan teknologi. Dengan kemajuan teknologi membuat semua kehidupan bergantung pada teknologi.
    Contohnya:
    Menurut kamus Oxford (1995) teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar. Lucas (2000) teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis, micro komputer, komputer mainframe, pembaca barcode, perangkat lunak pemproses transaksi, perangkat lunak lembar kerja (worksheet) dan peralatan komunikasi dan jaringan merupakan contoh teknologi informasi.
    Teknologi informasi dimulai pada saat teknologi informasi dianggap sebagai media yang dapat menghemat biaya dibandingkan dengan metode konvensional, misalkan saja pemakaian mesin ketik, kertas, penghapus, tipe-x, dan lain sebagainya yang cenderung tidak efisien. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak (paperless) sehingga lebih effisien dalam waktu dan tempat penyimpanan file.
    Sumber:
    http://edukasi.kompasiana.com/2012/06/23/pengaruh-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-pada-bidang-pertahanan/

    6.      Jelaskan peranan Insinyur terkait dengan kerusakan dan pelestarian lingkungan hidup! Berikan masing–masing contoh nyata ?
    Jawab:
    Peranan Insinyur terkait dengan kerusakan dan pelestarian lingkungan hidup itu saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Apabila insinyur memiliki jiwa akan kesadaran kesadaran kuat untuk mengindahkan etika profesi kepada masyarakat yang memerlukannya maka akan menimbulkan kepercayaan dari masyarakat. Sedangkan, melakukannya tanpa adanya etika profesi membuat profesi yang terhormat akan segera jatuh menjadi sebuah pekerjaan pencarian nafkah biasa, yang ujung-ujungnya akan merugikan orang lain maupun dirinya sendiri.
    Contohnya:
    Berdasarkan pada masalah mobil ford pinto didapatkan permasalahan terhadap tangki gas mobil tersebut apabila mobil tersebut ditabrak dari belakang maka akan terdapat percikan api dan dapat menimbulkan kebakaran. Dimana insinyur tidak menggunakan system keselamatan dan keamanan untuk orang-orang yang mengunakan produk mobil tersebut dengan alasan untuk menghemat biaya.
    Sumber:
    http://staffsite.gunadarma.ac.id/agus_dh/index.php?stateid=files&xcat_id=0.0

    FILE FDF DAPAT DILIHAT DISINI

    0 komentar:

    Posting Komentar